TES KESEGARAN
JASMANI INDONESIA (TKJI)
Pengantar :
Dalam lokakarya kesegaran jasmani yang
dilaksanakan pada tahun 1984 “ Tes Kesegaran Jasmani Indonesia “ (TKJI) telah
disepakati dan ditetapkan menjadi instrumen / alat tes yang berlaku di seluruh
wilayah Indonesia karena TKJI disusun dan disesuaikan dengan kondisi anak
Indonesia. TKJI dibagi dalam 4 kelompok usia, yaitu : 6-9 tahun, 10-12 tahun,
13-15 tahun, dan 16-19 tahun. Akan tetapi pada handout ini akan dibahas TKJI
pada kelompok usia 13-15 tahun dan 16-19 tahun.
Sebelum terjun ke sekolah-sekolah untuk
melaksanakan tugas matakuliah Tes dan Pengukuran Penjas dengan melakukan tes kesegaran jasmani pada
siswa-siswi, maka diharapkan mahasiswa dapat memahami dengan baik peraturan dan
tata cara pelaksanaan TKJI sehingga diharapkan hasil tes yang diperoleh adalah
benar dan dapat dipercaya.
Tulisan berikut adalah tulisan adaptasi dari
buku Tes Kesegaran Jasmani Indonesia untuk kelompok usia 13-15 tahun dan 16-19
tahun yang diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk memahami peraturan dan
tata cara TKJI dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.
A. Rangkaian Tes
Tes kesegaran jasmani Indonesia terdiri dari :
1. Untuk putra terdiri dari :
a. lari 50 meter (13-15 tahun) / lari 60 meter
(16-19 tahun)
b. gantung angkat tubuh (pull up) selama 60
detik
c. baring duduk (sit up) selama 60 detik
d. loncat tegak (vertical jump)
e. lari 1000 meter (usia 13-15 tahun) / lari 1200
(usia 16-19 tahun)
2. Untuk putri terdiri dari :
a. lari 50 meter (13-15 tahun) / lari 60 meter
(16-19 tahun)
b. gantung siku tekuk ( tahan pull up)
selama 60 detik
c. baring duduk (sit up) selama 60 detik
d. loncat tegak (vertical jump)
e. lari 800 meter (usia 13-15 tahun) / lari 1000
(usia 16-19 tahun)
B. Kegunaan Tes
Tes kesegaran jasmani Indonesia digunakan untuk
mengukur dan menentukan tingkat kesegaran jasmani remaja (sesuai kelompok usia
masing-masing).
C. Alat dan Fasilitas
1.
Lintasan lari / lapangan yang datar dan tidak licin
2.
Stopwatch
3.
Bendera start
4.
Tiang pancang
5.
Nomor dada
6.
Palang tunggal untuk gantung siku
7.
Papan berskala untuk papan loncat
8.
Serbuk kapur
9.
Penghapus
10. Formulir tes
11. Peluit
12. Alat tulis dll
D. Ketentuan Tes
TKJI merupakan satu rangkaian tes, oleh karena
itu semua butir tes harus dilaksanakan secara berurutan, terus- menerus dan
tidak terputus dengan memperhatikan kecepatan perpindahan butir tes ke butir
tes berikutnya dalam 3 menit. Perlu dipahami bahwa butir tes dalam TKJI
bersifat baku dan tidak boleh dibolak-balik , dengan urutan pelaksanaan tes
sebagai berikut :
Pertama :
Lari 50 meter (usia 13-15 tahun) / 60 meter (usia 16-19 tahun)
Kedua :
- gantung angkat tubuh untuk putra (pull up)
- gantung siku tekuk untuk putri (tahan pull
up)
Ketiga : Baring duduk (sit up)
Keempat : Loncat tegak (vertical jump)
Kelima : - Lari 1000 meter (usia 13-15 tahun) /
1200 meter (usia 16-19 tahun)
- Lari 800 meter (usia
13-15 tahun) / 1000 meter (usia 16-19 tahun)
E. Petunjuk
Umum
1.
Peserta
a.
Dalam kondisi sehat dan siap untuk melaksanakan tes
b.
Diharapkan sudah makan maksimal 2 jam sebelum tes
c.
Memakai sepatu dan pakaian olahraga
d.
Melakukan pemanasan (warming up)
e.
Memahami tata cara pelaksanaan tes
f. Jika tidak dapat melaksanakan salah
satu / lebih dari tes maka tidak mendapatkan nilai / gagal.
2. Petugas
a. Mengarahkan peserta untuk melakukan
pemanasan (warming up)
b. Memberikan nomor dada yang jelas
dan mudah dilihat petugas
c. Memberikan pengarahan kepada
peserta tentang petunjuk pelaksanaaan tes dan mengijinkan mereka untuk mencoba
gerakan-gerakan tersebut.
d. Memperhatikan kecepatan
perpindahan pelaksanaan butir tes ke butir tes berikutnya dengan tempo
sesingkat mungkin dan tidak menunda waktu
e. Tidak memberikan nilai pada peserta yang tidak dapat melakukan satu
butir tes atau lebih
f. Mencatat hasil tes dapat menggunakan formulir tes perorangan atau per
butir tes
F. Petunjuk Pelaksanaan Tes
1.
Lari 50 / 60 Meter
a.
Tujuan
Tes
ini bertujuan untuk mengukur kecepatan
b.
Alat dan Fasilitas
1)
Lintasan lurus, rata, tidak licin, mempunyai lintasan lanjutan, berjarak 50 /
60 meter
2)
Bendera start
3)
Peluit
4)
Tiang pancang
5)
Stop watch
6)
Serbuk kapur
7)
Formulir TKJI
8)
Alat tulis
c. Petugas Tes
1)
Petugas pemberangkatan
2)
Pengukur waktu merangkap pencatat hasil tes
d.
Pelaksanaan
1)
Sikap permulaaan
Peserta
berdiri dibelakang garis start
2)
Gerakan
a)
pada aba-aba “SIAP” peserta mengambil sikap start berdiri, siap untuk lari
b)
pada aba- aba “YA” peserta lari secepat mungkin menuju garis finish
3)
Lari masih bisa diulang apabila peserta :
a)
mencuri start
b)
tidak melewati garis finish
c)
terganggu oleh pelari lainnya
d)
jatuh / terpeleset
4)
Pengukuran waktu
Pengukuran
waktu dilakukan dari saat bendera start diangkat sampai pelari melintasi garis
Finish
5)
Pencatat hasil
1) hasil yang
dicatat adalah waktu yang dicapai oleh pelari untuk menempuh jarak 50 / 60
meter dalam satuan detik
2) waktu dicatat
satu angka dibelakang koma
2. Tes Gantung Angkat Tubuh untuk Putra, Tes
Gantung Siku Tekuk untuk Putri
a)
Tujuan
Tes ini bertujuan untuk mengukur
kekuatan dan ketahanan otot lengan dan bahu
b) Alat dan fasilitas
1) lantai
rata dan bersih
2) palang
tunggal yang dapat diatur ketinggiannya yang disesuaikan dengan ketinggian
peserta.
Pipa pegangan terbuat dari besi ukuran ¾ inchi
3) stopwatch
4) serbuk
kapur atau magnesium karbonat
5) alat tulis
c) Petugas tes
1) pengamat
waktu
2) penghitung gerakan merangkap pencatat hasil
d)
Pelaksanaan Tes Gantung Angkat Tubuh 60 detik (Untuk Putra)
1)
Sikap permulaan
Peserta berdiri di bawah palang tunggal.
Kedua tangan berpegangan pada palang
tunggai selebar bahu (gambar 3). Pegangan telapak
tangan menghadap ke arah letak
kepala
2)
Gerakan (Untuk Putra)
a) Mengangkat tubuh dengan membengkokkan
kedua lengan, sehingga dagu menyentuh
atau berada di atas palang tunggal (lihat
gambar 4) kemudian kembali ké sikap permulaan. Gerakan ini dihitung satu kali.
b) Selama
melakukan gerakan, mulai dan kepala sampai ujung kaki tetáp merupakan satu
garis lurus.
c) Gerakan ini dilakukan berulang-ulang, tanpa istirahat sebanyak mungkin selama 60 detik.
3) Angkatan dianggap gagal dan tidak
dihitung apabila:
a) pada waktu mengangkat badan, peserta melakukan gerakan
mengayun
b) pada
waktu mengangkat badan, dagu tidak
menyentuh palang tunggal
c)
pada waktu kembali ke sikap permulaan
kedua lengan tidak lurus
e) Pencatatan Hasil
1) yang
dihitung adalah angkatan yang dilakukan dengan sempurna.
2) yang dicatat adaiah jumlah (frekuensi)
angkatan yang dapat dilakukan dengan sikap
sempurna tanpa istirahat selama 60 detik.
3)
Peserta
yang tidak mampu melakukan Tes angkatan tubuh ini, walaupun teiah berusaha,
diberi nilai nol (0).
f) Pelaksanaan Tes Gantung Siku Tekuk ( Untuk
Putri)
Palang
tunggal dipasang dengan ketinggian sedikit di atas kepala peserta.
1) Sikap
perrnulaan
Peserta berdiri
di bawah palang tunggal, kedua tangan berpegangan pada palang tunggal
selebar bahu. Pegangan telapak
tangan menghadap ke arah kepala (Lihat gambar)
2)
Gerakan
Dengan
bantuan tolakan kedua kaki, peserta melompat ke atas sampai dengan mencapai
sikap
bergantung siku tekuk, dagu berada di atas palang tunggal (Iihat gambar)
Sikap tersebut dipertahankan selama mungkin
(dalam hitungan detik)
g)
Pencatatan Hasil
Hasil yang dicatat
adalah waktu yang dicapai oleh peserta untuk mempertahankan sikap tersebut
diatas, dalam satuan detik. Peserta yang tidak dapat melakukan sikap diatas
maka dinyatakan gagal dan diberikan nilai nol (0).
3. Tes Baring Duduk (Sit
Up) Selama 60 detik
a. Tujuan
Mengukur kekuatan dan
ketahanan otot perut.
b. Alat dan fasilitas
1) lantai / lapangan
yang rata dan bersih
2) stopwatch
3) alat tulis
4) alas / tikar / matras
dll
c. Petugas tes
1) pengamat waktu
2) penghitung gerakan
merangkap pencatat hasil
d. Pelaksanaan
1) sikap permulaan
a) berbaring
telentang di lantai, kedua lutut ditekuk dengan sudut 90˚ dengan kedua jari-
jarinya
diletakkan di belakang kepala.
b)
Peserta lain menekan / memegang kedua pergelangan kaki agar kaki tidak
terangkat.
2)
Gerakan
a)
Gerakan aba-aba “YA” peserta bergerak mengambil sikap duduk sampai kedua sikunya
menyentuh
paha, kemudian kembali ke sikap awal.
b) Lakukan gerakan ini
berulang-ulang tanpa henti selama 60 detik
e.
Pencatatan Hasil
1)
Gerakan tes tidak dihitung apabila :
-
pegangan tangan terlepas sehingga kedua tangan tidak terjalin lagi
-
kedua siku tidak sampai menyentuh paha
-
menggunakan sikunya untuk membantu menolak tubuh
2)
Hasil yang dihitung dan dicatat adalah gerakan tes yang dapat dilakukan dengan
sempurna
selama 60 detik
3)
Peserta yang tidak mampu melakukan tes ini diberi nilai nol (0)
4. Tes Loncat Tegak (Vertical
Jump)
a. Tujuan
Tes ini bertujuan untuk
mengukur daya ledak / tenaga eksplosif
b. Alat dan Fasilitas
1) Papan berskala
centimeter, warna gelap, ukuran 30 x 150 cm, dipasang pada dinding yang
rata atau tiang.
Jarak antara lantai dengan angka nol (0) pada papan tes adalah 150 cm.
2) Serbuk kapur
3) Alat penghapus papan
tulis
4) Alat tulis
c. Petugas Tes
Pengamat dan pencatat
hasil
d. Pelaksanaan Tes
1) Sikap permulaan
a) Terlebih dulu
ujung jari peserta diolesi dengan serbuk kapur / magnesium karbonat
b) Peserta berdiri
tegak dekat dinding, kaki rapat, papan skala berada pada sisi kanan / kiri
badan peserta. Angkat tangan
yang dekat dinding lurus ke atas, telapak tangan
ditempelkan pada
papan skala hingga meninggalkan bekas jari.
2)
Gerakan
a)
Peserta mengambil awalan dengan sikap menekukkan lutut dan kedua lengan diayun
ke
belakang
Kemudian
peserta meloncat setinggi mungkin sambil menepuk papan dengan tangan
yang
terdekat sehingga menimbulkan bekas
b)
Lakukan tes ini sebanyak tiga (3) kali tanpa istirahat atau boleh diselingi
peserta lain
e.
Pencatatan Hasil
1) Selisih raihan loncatan dikurangi raihan tegak
2) Ketiga selisih hasil tes dicatat
3) Masukkan hasil selisih yang paling besar
5.
Tes Lari 1000 meter (13-15 Tahun) / 1200 meter (16-19 Tahun) Untuk Putra dan
Tes
Lari
800 meter (13-15 Tahun) / 1000 meter (16-19 Tahun) Untuk Putri
a. Tujuan
Tes ini bertujuan
untuk mengukur daya tahan jantung paru, peredaran darah dan pernafasan
b. Alat dan Fasilitas
1) Lintasan lari
2) Stopwatch
3) Bendera start
4) Peluit
5) Tiang pancang
6) Alat tulis
c. Petugas Tes
1) Petugas
pemberangkatan
2) Pengukur waktu
3) Pencatat hasil
4) Pengawas dan
pembantu umum
d. Pelaksanaan Tes
1) Sikap permulaan
Peserta berdiri di
belakang garis start
2) Gerakan
a) Pada aba-aba “SIAP” peserta
mengambil sikap berdiri, siap untuk lari
b)
Pada aba-aba “YA” peserta lari semaksimal mungkin menuju garis finish
e.
Pencatatan Hasil
1)
Pengambilan waktu dilakukan mulai saat bendera start diangkat sampai peserta
tepat
Melintasi
garis finish
2)
Hasil dicatat dalam satuan menit dan detik.
Contoh
: 3 menit 12 detik maka ditulis 3’
12”
G.
Tabel Nilai TKJI
Tabel Nilai TKJI
(Untuk Putra Usia 13 -15
Tahun)
Nilai
|
Lari
50 meter
|
Gantung angkat tubuh
|
Baring duduk
|
Loncat tegak
|
Lari
1000 meter
|
Nilai
|
5
|
S.d – 6,7”
|
16 - Keatas
|
38 - Keatas
|
66 Keatas
|
s.d – 3’04”
|
5
|
4
|
6.8”
– 7,6”
|
11 –
15
|
28 –
37
|
53 –
65
|
3’05”
– 3’53”
|
4
|
3
|
7,7”
– 8,7”
|
6 –
10
|
19 –
27
|
42 –
52
|
3’54”
– 4’46”
|
3
|
2
|
8,8”
– 10,3”
|
2 – 5
|
8 –
18
|
31 –
41
|
4’47”
– 6’04”
|
2
|
1
|
10,4”-
dst
|
0 – 1
|
0 – 7
|
0 -
30
|
6’05” - dst
|
1
|
Tabel Nilai TKJI
(Untuk Putra Usia 16-19 Tahun)
Nilai
|
Lari
60 meter
|
Gantung angkat tubuh
|
Baring duduk
|
Loncat tegak
|
Lari
1200 meter
|
Nilai
|
5
|
S.d – 7,2”
|
19 - Keatas
|
41 - Keatas
|
73 Keatas
|
s.d – 3’14”
|
5
|
4
|
7.3”
– 8,3”
|
14 –
18
|
30 –
40
|
60 –
72
|
3’15”
– 4’25”
|
4
|
3
|
8,4”
– 9,6”
|
9 –
13
|
21 –
29
|
50 –
59
|
4’26”
– 5’12”
|
3
|
2
|
9,7”
– 11,0”
|
5 – 8
|
10 –
20
|
39 –
49
|
5’13”
– 6’33”
|
2
|
1
|
11,1”
dst
|
0 - 4
|
0 – 9
|
38 dst
|
6’34” dst
|
1
|
Tabel Nilai TKJI
(Untuk Putri Usia 13 -15
Tahun)
Nilai
|
Lari
50 meter
|
Gantung Siku Tekuk
|
Baring duduk
|
Loncat tegak
|
Lari
800 meter
|
Nilai
|
5
|
S.d – 7.7”
|
41” -
Keatas
|
28 - Keatas
|
50 Keatas
|
s.d – 3’06”
|
5
|
4
|
7.8”
– 8,7”
|
22” –
40”
|
19 –
27
|
39 –
49
|
3’07”
– 3’55”
|
4
|
3
|
8,8”
– 9,9”
|
10” –
21”
|
9 –
18
|
30 –
38
|
3’56”
– 4’58”
|
3
|
2
|
10,0”
– 11,9”
|
3” –
9”
|
3 – 8
|
21 –
29
|
4’59”
– 6’40”
|
2
|
1
|
12,0”-
dst
|
0” –
2”
|
0 – 2
|
0 -
20
|
6’41” - dst
|
1
|
Tabel Nilai TKJI
(Untuk Putri Usia 16-19 Tahun)
Nilai
|
Lari
60 meter
|
Gantung Siku Tekuk
|
Baring duduk
|
Loncat tegak
|
Lari
1000 meter
|
Nilai
|
5
|
S.d – 8,4”
|
41” - keatas
|
28 Keatas
|
50 Keatas
|
S.d – 3’52”
|
5
|
4
|
8,5”
– 9,8”
|
22” –
40”
|
20 –
28
|
39 –
49
|
3’53”
– 4’56”
|
4
|
3
|
9,9”
– 11.4”
|
10” –
21”
|
10 –
19
|
31 –
38
|
4’57”
– 5’58”
|
3
|
2
|
11,5”
– 13,4”
|
3” –
9”
|
3 – 9
|
23 –
30
|
5’59”
– 7’23”
|
2
|
1
|
13,5”
dst
|
0” –
2”
|
0 – 2
|
22 dst
|
7’24”
dst
|
1
|
H. Norma TKJI
Hasil
setiap butir tes yang telah dicapai oleh peserta dapat disebut sebagai hasil
kasar. Mengapa disebut hasil kasar ? Hal ini disebabkan satuan ukuran yang
digunakan untuk masing-masing butir tes berbeda, yang meliputi satuan waktu,
ulangan gerak, dan ukuran tinggi.
Untuk
mendapatkan hasil akhir, maka perlu diganti dalam satuan yang sama yaitu NILAI.
Setelah hasil kasar setiap tes diubah menjadi satuan nilai, maka dilanjutkan
dengan menjumlahkan nilai-nilai dari kelima butir TKJI. Hasil penjumlahan
tersebut digunakan untuk dasar penentuan klasifikasi kesegaran jasmani remaja.
NORMA TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA
(Untuk Putera dan puteri)
No
|
Jumlah nilai
|
Klasifikasi Kesegaran
Jasmani
|
1.
|
22 –
25
|
Baik sekali ( BS )
|
2.
|
18 –
21
|
Baik ( B )
|
3.
|
14 –
17
|
Sedang ( S )
|
4.
|
10 –
13
|
Kurang ( K )
|
5.
|
5 – 9
|
Kurang sekali (
KS )
|
I. Formulir TKJI
FORMULIR TKJI
Nama :…………………………………............................
Jenis Kelamin : Laki-laki / Perempuan
*
No Dada :……………………………………………………
Usia :………………Tahun
Nama Sekolah :……………………………………………………
No
|
Jenis Tes
|
Hasil
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
|
Lari 50 / 60 meter *
Gantung :
a)
Siku tekuk
b)
Angkat Tubuh
Baring Duduk 60 detik
Loncat Tegak
-
Tinggi raihan : ……….cm
-
Loncatan I : ………….cm
-
Loncatan II : …………cm
-
Loncatan III : ………
cm
Lari 800/ 1000 / 1200
meter *
|
……….detik
……….detik
………....kali
…………kali
……….....cm
……....menit
……….detik
|
….
….
….
….
….
….
|
…………………………
…...…………………….
........................................
…………………………
……………………….
………………………….
|
6
|
Jumlah Nilai ( tes 1 + tes 2 + tes 3 + tes 4 + tes 5 )
|
|
|
|
7
|
Klasifikasi Tingkat Kesegaran Jasmani
|
No comments:
Post a Comment